5. | Bab. Mengusap Itu khusus Dibagian atas Alas Kaki

.

.

.

■ Hadits No. 309 :

Dari Ali ra. ia berkata: Kalau seandainya agama itu (ditentukan) dengan Ra-yu *), tentu bagian bawah alas kaki itu lebih patut untuk diusap daripada bagian atasnya. Dan aku sungguh mengetahui Rasululloh SAW. telah mengusap bagian atas punggung dua alas kakinya.(HR Abu Dawud dan Dara Quthni).

□   □   □   □   □

.

■ Hadits No. 310 :

Dan dari Mughirah bin Syu’bah, ia berkata: Aku pernah melihat Rasululloh SAW. mengusap bagian atas punggung dua alas kakinya. (HR Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi, sedang lafadz Tirmidzi berbunyi: atas dua alas kakinya, yaitu di punggungnya. Dan Tirmidzi mengatakan: Hadis ini Hasan.)

□   □   □   □   □

.

■ Hadits No. 311 :

Dari Tsaur bin Yazid dari Raja’ bin Haiwah dari Warrad penulis Mughirah bin Syu’bah– dari Mughirah bin Syu’bah, bahwa Nabi SAW. pernah mengusap bagian atas alas kaki dan bawahnya. (HR Imam yang lima kecuali Nasa’i, dan Tirmidzi mengatakan: Hadits ini Ma‘lul,(cacat) dan tidak ada yang memarfu’kannya (Menyambungkannya) dari Tsaur selain Al Walid bin Muslim, sedang aku pernah bertanya kepada Abu Zar’ah dan Muhamad tentang hadits ini, lalu keduanya menjawab: Tidak)

□   □   □   □   □

.

——————–Perkataan “kalau seandainya agama itu (ditentukan) dengan ra’yu” itu, syarih berkata: Hadits ini menunjukkan, bahwa mengusap yang diperintahkan itu ialah mengusap bagian atas alas kaki, bukan bawahnya, Dan orang yang berpendapat mengusap bagian atas dan bawah itu berdalil dengan hadits Mughirah, sedang hadits itu masih diperbincangkan. Jadi antara kedua hadits tersebut tidak  bertentangan. Sedang tujuan utamanya, yaitu bahwa Nabi SAW. kadang-kadang mengusap bagian atas dan bawah alas kakinya, kadang-kadang cukup dengan mengusap bagian atasnya saja, sedang tidak ada satu riwayat yang melarang salah satu di antara dua cara tersebut. (Oleh karena hadits mughirah itu tidak sah, maka cukup mengusap itu pada bagian atas saja).

.

POSTING |89| Samina, Waatona !.

.

 ______________________________

Bab-Bab : Mengusap Alas Kaki (Kasut)

.

About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: