1. | Bab. Diperintahkannya Mengusap Alas Kaki

.

.

BAB-BAB MENGUSAP ALAS KAKI (SEPATU)


■ Hadits No. 294 :

Dari Jarir, bahwa ia telah buang air kecil kemudian wudlu’ dan mengusap bagian atas dua alas kakinya, lalu ia ditanya: Mengapa engkau berbuat demikian. Ia menJawab: Ya, karena aku melihat Rasulullah SAW.  buang air kecil kemudia wudlu’ dan mengusap bagian atas dua alas kakinya. Ibrahim berkata : maka hadits ini mengherankan mereka, karena masuk islamnya Jarir adalah setelah turunnya surat Ma’idah (HR Ahmad, Bukhari dan Muslim).

_____________________________

.

■ Hadits No. 295 :

Dan dari Abdillah bin Umar, bahwa Sa’d telah memberita­hu dia dan Rasululloh SAW. , bahwa Rasulullah SAW. mengusap bagian atas dua alas kakinya, dan sesungguhnya Ibnu Umar telah bertanya kepada Umar ten­tang masalah Itu, lalu Umar menjawab: Ya, apabila Sa’d memberitahu­kan apa-apa kepadamu dari Nabi SAW, maka janganlah bertanya tentang itu kepada lainnya. (HR Ahmad dan Bukhari dan disini menjadi dalil atas diterimanya hadits seorang (Hadits Ahad)).

_____________________________

.

■ Hadits No. 296 :

Dan dari Mughirah bin Syu’bah ia berkata: Aku bersama Nabi SAW. dalam suatu perjalanan, lalu ia buang air, kemudian berwu­dlu’, dan mengusap bagian atas dua alas kakinya. Aku bertanya. Ya Rasululloh, apakah engkau lupa? , Ia menjawab: “Bahkan engkau yang lupa, dengan inilah aku diperintah oleh Tuhanku azza wa jalla.“. (HR Ahmad dan Abu Dawud.)

Hasan basri berkata: Telah diriwayatkan tentang mengusap (bagian atas dua alas kaki) oleh 70 orang sahabat baik yang berkenaan dengan filliyah (Perbuatan) Nabi SAW. maupun qauliyyah (Ucapan) nya.

.

.

——————–Syarih rahimahulloh berkata: Hadits ini menunjukkan diperintahkannya mengusap bagian atas dua alas kaki. Dan Ibnul Mundzir telah meriwa­yatkan dari Ibnul Mubarak, katanya: Tentang mengusap ini tidaklah ada perbedaan pendapat di antara para Sahabat. Karena setiap orang yang meriwayatkan dari Sahabat yang menging­kari tentang mengusap Alas Kaki, maka didapati  juga yang meriwayatkan tentang ketetapan adanya mengusap Alas Kaki.

.

.

POSTING |85| Samina, Waatona !.

.

 ______________________________

  BAB MENGUSAP ALAS KAKI (SEPATU)

.

.

█ █

About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: