24. | Bab. Berturut-turut Dalam Wudlu’

.

.

■ Hadits No. 289 :

Dari Khalid bin Ma’dan dari sebagian isteri Nabi SAW., bahwa Rasulullah SAW. melihat seorang laki-laki sedang sembahyang, padahal di atas tapak kakinya ada kulit yang mengkilat selebar dirham yang tidak kena air (wudlu’), maka Rasulullah SAW. memerintahkan­nya agar ia mengulangi wudlu’.” (HR Ahmad dan Abu Dawud, dan Abu Dawud menambahkan kata-kata “dan mengulangi sembahyang.”).  Al Atsram berkata: Aku bertanya kepada Imam Ahmad: Adakah sanad hadits ini baik? Ia menjawab: baik.

_____________________________

.

■ Hadits No. 290 :

Dari Umar bin Khatthab, bahwa seorang laki-laki wudlu tetapi ia tidak menyiram kuku bagian atas kakinya, lalu Nabi SAW. melihatnya, maka ia bersabda: “Ulangilah dan perbaikilah wudlu mu. Umar berkata: “Lalu ia mengulangi kemudian wudlu’, lalu sholat.”. (HR Ahmad, dan Muslim tetapi Muslim tidak menyebut: “Lalu ia wudlu’.”

_____________________________

.

.

—————Syarih berkata: Hadits yang pertama menunjukkan wajib mengu­langi wudlu kembali, bagi orang yang tidak menyiram sebagian anggota wudlunya sebesar ukuran yang tersebut dalam hadits itu, dan  hadits kedua, tidak menunjukkan wajibnya mengulangi, karena Nabi SAW. memerintahkan untuk memperbaiki, bukannya mengulangi, sedang memperbaiki cukup dengan menyempurnakan anggota yang tidak tersiram Itu saja, oleh karena itu, hadits pertama menjadi dalil bagi orang yang berpendapat atas wajibnya ‘berturut-turut’ dan hadits kedua menjadi dalil bagi orang yang berpendapat atas tidak wajibnya ‘berturut-turut’. Selesai.

—————Berkata Al muwaffaq di dalam Al Mughni: muwaalaat (berturut-­turut) yang wajib itu ialah tidak ditinggalkannya pencucian suatu anggota sampai menjadi kering pada saat itu, yang telah dicuci sebelumnya (belum lama).

.

.

POSTING |82| Samina, Waatona !.

.

 ________________________________

BAB SIFAT WUDLU’ (FARDLU DAN SUNNATNYA)

.

.

█ █

About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: