23. | Bab. Bacaan Sesudah Wudlu’

.

.

.

■ Hadits No. 287 :

Dari Umar bin Khatthab, ia berkata: Rasululloh SAW. bersabda: “Tidak seorang pun di antara kamu yang berwudlu’ lalu menyempurnakan wudlu’nya kemudian membaca: Asyahadu allaa iIaaha ilIallaah, wahdahuu laa syarieka lah, wa asyhadu anna Muham­madan ‘abduhuu wa Rasululloh, (artinya.) Aku mengakui bahwa tiada Tuhan yang berhak di’ibadahi selain Alloh, yang Maha Esa, yang tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengakui bahwa sesungguhnya Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya; kecuali mesti dibukakan untuknya pintu-pintu surga yang delapan, yang ia akan masuk dari mana ia menghendaki.” (HR Ahmad, Muslim dan Abu Dawud).

_____________________________

.

■ Hadits No. 288 :

Dan dari Ahmad dan Abu Dawud dalam satu riwayat (dikatakan): “Barangsiapa berwudlu’ kemudian membaguskan wudlu’­nya, lalu mengangkat pandangannya ke langit seraya membaca: (do’a tersebut di atas), lalu menyebutkan hadits itu seterusnya.

_____________________________

.

.

———-Syarih berkata: Hadits ini menunjukkan dianjurkan membaca do’a tersebut, dan tidak sah adanya hadits-hadits do’a wudlu’ selain itu.

———-Ibnul Qayyim berkata: Dan tidak terdapat riwayat dari Nabi SAW. selain tasmiyyah (membaca Bismillah) pada permulaan wudlu’, dan do’a asyhadu allaa iIaaha iIIallah wahdahuu laa syarieka lah, wa asyhadu anna muhammadan abduhuu wa rasuuluh, alIaahummaj ‘alnie rninatawwaabiena waj ‘alnie minal mutathahhirien.

———-Artinya: Aku mengakui bahwa tiada Tuhan-yang berhak diibadahi- selain Alloh, yang maha esa, yang tiada sekutu bagi-Nya, dan aku mengakui, bahwa Muhammad itu adalah hamba-Nya dan utusan-Nya, yaa Allah, jadikanlah aku termasuk di antara orang­orang yang tobat, dan jadikanlah aku termasuk di antara orang-orang suci.

.

POSTING |81| Samina, Waatona !.

.

 ________________________________

BAB SIFAT WUDLU’ (FARDLU DAN SUNNATNYA)

.

.

█ █

About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: