18. Bab | Bolehnya Mengusap Bagian Atas Sorban

.

.

.

■ Hadits No. 268:

Dari Amr bin UmayahAdl Dlamiry, ia berkata Aku pemah melihat Rasululloh SAW. mengusap bagian atas sorbannya dan dua kasutnya (Alas Kaki). (HR Ahmad, Bukhari dan Ibnu Majah).

 ________________________________

.

■ Hadits No. 269:

Dan dari Bilal, ia berkata: Rasululloh SAW. pemah mengusap bagian atas dua kasut dan sorbannya. (HR Jama’ah kecuali Bukhari dan Abu Dawud.)

 ________________________________

.

■ Hadits No. 270:

Dan dalam satu riwayat bagi Ahmad (dikatakan): Bahwa Nabi SAW. bcrsabda: “Usaplah bagian atas dua kasut dan sorban.

________________________________

.

■ Hadits No. 271:

Dan dari Mughirah bin Syu’bah, ia berkata: Nabi SAW. berwudlu’ dan mengusap bagian atas dua kasut dan sorban. (HR Tirmidzi dan ia mengesahkannya).

________________________________

.

■ Hadits No. 272:

Dan dari Salman, bahwa ia pernah melihat seorang laki-laki telah hadas  sedang ia bermaksud melepas dua kasutnya, lalu Salman memerintahkannya agar mengusap bagian atas dua kasut dan sorbannya, dan berkata: Aku pemah melihat Rasululloh SAW. mengusap bagian atas dua kasut dan sorbannya. (HR Ahmad).

________________________________

.

■ Hadits No. 273:

Dari Tsauban, ia berkata: Aku pemah melihat Rasululloh SAW. berwudlu’ dan mengusap bagian atas dua kasut dan sorban. (HR Ahmad).

________________________________

.

■ Hadits No. 274:

Dan dari Tsauban, ia berkata: Rasululloh SAW. telah mengutus sepasukan tentara, lalu mereka ditimpa kedinginan, kemudian setelah mereka sampai ke hadapan Nabi SAW., mereka melaporkan tentang kedinginan yang menimpa mereka itu, lalu Nabi SAW. memerintahkan mereka agar mengusap bagian atas sorban-sorban dan kasut-kasut. (HR Ahmad dan Abu Dawud).

.

.


—————Perkataan “al khimaar” itu, syarih berkata: Yang dimaksud di sini adalah sorban.  Ulama berselisih pendapat tentang mcngusap bagian atas sorban. Al Auza’i, Ahmad bin Hanbal, Ishaq, Abu Tsaur, dan Dawud bin Ali berpendapat atas bolehnya. Sedang Imam Syafi’i menyatakan: Kalau hadits yang menerangkan tentang mengusap sorban itu sah dari Nabi SAW. maka begitulah pendapatku.

—————At Tirmidzi berkata: Itu, adalah tidak hanya pendapat seorang saja tapi juga dari ahli-ahli ilmu dari kalangan Sahabat, seperti Abu Bakr, Umar dan Anas, tetapi mereka berselisih tentang apakah orang yang mengusap bagian atas sorban itu disyaratkan harus suci ketika memakainya atau tidak, demikian juga mereka berselisih pendapat tentang batas waktunya.

—————-Dan Jumhur berpendapat tidak boleh membatasi hanya mengusap sorban saja. Selanjutnya syarih berkata: Walhasil, sesungguhnya telah ada ketetapan mengusap bagian atas kepala saja, dan mengusap bagian atas sorban saja, dan juga bagian atas kepala dan sorban, sedang semua itu sah lagi kuat. Selesai dengan ringkas. .█

POSTING | 76 | Samina, Waatona !.

.

 ________________________________

BAB SIFAT WUDLU’ (FARDLU DAN SUNNATNYA)

About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

2 responses to “18. Bab | Bolehnya Mengusap Bagian Atas Sorban

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: