14. Bab | Apakah Disunatkan Mengulang Ketika Mengusap Kepala Atau Tidak ?

.

.

■ Hadits No. 259 :

Dari  Abi Hayyah, ia berkata: Aku melihat Ali ra. berwudlu’, lalu ia mencuci dua telapak tangannya sampai bersih, kemudian ia berkumur tiga kali dan menghisap air hidung tiga kali, dan membasuh mukanya tiga kali, dan dua lengannya tiga kali, dan mengusap kepalanya sekali kemudian membasuh dua kakinya sampai kedua mata kakinya, lalu Abi Hayyah berkata: “Aku senang menunjukkan ini kepadamu bagaimana cara Rasululloh SAW. berwudlu’.” (HR Tirmidzi dan ia mengesahkannya).

_______________________________________________

.

■ Hadits No. 260 :

Dan dari Ibnu Abbas, bahwa ia pernah melihat Rasululloh SAW. berwudlu’ , lalu ia menyebutkan hadits itu seluruhnya tiga kali – tiga kali, dan mengusap kepalanya dan dua telinganya dengan sekali usap. (HR Ahmad dan Abu Dawud)

 _______________________________________________

.

■ Hadits No. 261 :

Dan bagi Abu Dawud dan Usman ra., bahwa ia berwudlu   melakukan seperti itu, dan Utsman berkata: “Demikianlah Rasululloh SAW. berwudlu’.

 _______________________________________________

.

.

Perkataan “Dan ia mengusap kepalanya sekali” itu, syarih berkata: Hadits ini menunjukkan, bahwa menurut sunnah Nabi SAW. di dalam mengusap kepala, adalah sekali. Syarih berkata: Perlu disadari, bahwa hadits-hadits yang menerangkan mengusap tiga kali, tidak sampai ke tingkatan dianggapnya untuk seluruh anggota.

Al Hafidz ibnu Hajar berkata: Hadits-hadits yang menerangkan tentang mengusap tiga kali secara umum itu kalau sah, dapat diartikan maksudnya mengusap semuanya, bukan usapan-usapan yang berdiri sendiri untuk semua kepala dengan mengkompromikan antara dalil-dalil.

Mushannif rahimahullah berkata: Hadits Utsman yang terdahulu yang diriwayatkan Ahmad, Bukhari dan Muslim, telah menyebutkan bilangan tiga kali – tiga kali kecuali dalam mengusap kepala. Abu Dawud berkata: Hadits-hadits Utsman yang sah itu, semuanya menunjukkan, bahwa mengusap kepala itu sekali saja. Kemudian rawi-rawi menyebutkan tentang wudlu’ tiga kali – tiga kali, dikatakan dalam soal wudlu’ itu: “Dan ia mengusap kepalanya”, tanpa menyebutkan bilangan sebagaimana mereka menyebutkan tentang anggota-anggota selain kepala.█

POSTING | 72 | Samina, Waatona !.

.

 _______________________________________________

BAB SIFAT WUDLU’ (FARDLU DAN SUNNATNYA) 

About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: