10. Bab | Membasahi Kelopak Mata Dan Kerut-Kerut Dahi

.

■ Hadits No. 247 :

 Dari Abi Umamah, bahwa la mensifati wudlu’ Rasululloh SAW., lalu ia menyebutkan tiga kali tiga kali, dan ia berkata: dan adalah Rasululloh SAW. biasa membasuh kedua kelopak matanya. (HR Ahmad ).

___________________________

.

■ Hadits No. 248 :

 Dan dari lbnu Abbas, bahwa Ali ra. berkata: Wahai Ibnu Abbas, bolehkah aku mencontohkan kepadamu wudlu’, seperti wudlu’nya Rasululloh SAW.? Lalu Ibnu Abbas berkata: Ya, demi ayah dan ibuku. la (Ibnu Abbas) berkata: Kemudian Ali meletakkan sebuah bejana lalu mencuci dua tangannya, kemudian berkumur, mengisap air hidung dan menyemprotkannya, kemudian ia mengambil air dengan kedua tangannya lalu menepukkan tangannya itu pada wajahnya, kemudian ta menutupkan kedua ibu jarinya di bagian depan ibu jarinya, kemudian berkatalah lbnu Abbas: Kemudian ia mengulangi seperti itu tiga kali, kemudian ia mengambil setapak tangan air dengan tangan kanannya Ialu ia tuangkan ke ubun-ubunnya. Kemudian ia biarkan air itu mengalir ke wajahnya, kemudian ia basuh tangannya yang kanan sampai siku tiga kali, kemudian tangannya yang kiri begitu juga, dan Ibnuu Abbas menyebutkan pekerjaan wudlu’ selanjutnya. (HR Ahmad dan Abu Dawud).

___________________________

.

————— Syarih berkata: muuqul ‘ain, adalah tempat mengalirya air mata, atu bagian depannya atau bagian belakangnya, demikian disebutkan di dalam Qamus Al Muhith. Azhari berkata: Telah ijma’ ahli bahasa, bahwa muuq dan ma-aq adalah ujung kelopak mata yang dekat dengan hidung.

—————Syarih berkata: Dan yang dimaksud muuqaini di dalam hadits, itu adalah batas dua mata. Perkataan “Ia menutupkan kedua ibu jarinya ke bagian depan telinganya” itu, syarih berkata: Hadits ini dijadikan dalil oleh Mawardi, bahwa putih-putih yang terdapat di antara telinga dan kening adalah termasuk wajah. Mushannif berkata: Hadits ini sebagai hujjah bagi orang yang berpendapat, bahwa telinga bagian depan adalah termasuk wajah. █

.

___________________________

BAB SIFAT WUDLU’ (FARDLU DAN SUNNATNYA)

POSTING | 68 | Samina, Waatona !.

About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: