8. Bab | Bahwa Menyampaikan (Mengalirkan) Air Kedalam Jenggot Yang Tebal Itu Tidak Wajib

.

■ Hadits No. 244 :

Dari Ibnu Abbas, bahwa ia- pernah wudlu’ lalu ia membasuh mukanya, kemudian ia mengambil setapak tangan air lalu berkumur dengan air itu dan mengisap air hidung, lalu mengambil setapak tangan air lagi, kemudian ia perbuatnya seperti itu, lalu ia pindahkannya ke tangannya yang lain, lalu ia membasuh mukanya dengan air itu, kemudian ia mengambil setapak tangan air lagi, lalu ia mencuci tangannya yang kanan, kemudian ia mengambil setapak tangan air lagi, lalu ia mencuci tangannya yang kiri, kemudian mengusap kepalanya, kemudian ia mengambil setapak tangan air lagi, lalu ia menyiramkan dengan air itu pada kakinya yang kanan sehingga ia mencucinya, kemudian ia mengambil setapak tangan air lagi, lalu ia mencuci kakinya yang kiri, kemudian ia berkata: Demikianlah aku melihat Rasululloh SAW. berwudlu’. (HR Bukhari).

______________________________

,

           Syarih berkata: Hadits ini dibawakan mushannif untuk dijadikan dalil atas tidak wajibnya menyampaikan air ke dalam janggut, lalu ia berkata:

“Dan telah dimaklumi, bahwa Nabi SAW. adalah tebal janggutnya, sedang setapak tangan air, meskipun besar, tidaklah cukup untuk mencuci dalamnya jenggot yang tebal bersama mencuci seluruh muka, dengan demikian dapat dimaklumi, bahwa membasuh dalamnya janggut itu tidak wajib. Dan hadits ini menunjukkan bahwa berkumur dan menghisap air hidung itu adalah dengan air yang satu (satu tangan).

.

 BAB-BAB SIFAT WUDLU’ (FARDLU DAN SUNNATNYA)

POSTING | 66 | Samina, Waatona !.


About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: