4. Bab | Berkumur dan Menghirup Air Melalui Hidung

.

.

■ Hadits No. 233:

 

Dari Usman bin. Affan ra. bahwa ia pernah meminta bejana, lalu ia menuangkannya atas kedua tapak tangannya tiga kali kemudian membasuhnya, lalu memasukkan yang sebelah kanan di dalam bejana, kemudian berkumur dan mengisap air hidung, kemudian membasuh mukanya tiga kali, dan kedua tangan sampai siku-siku tiga kali, kemudian mengusap kepalanya, lalu membasuh kedua kakinya tiga kali sampai kedua mata kakinya, kemudian ia berkata: “Aku melihat Rasulullah SAW. Berwudlu’ seperti wudlu’ku ini, lalu ia berkata: “Barangsiapa berwudlu’seperti wudlu’ku ini, kemudian sembahyang dua raka’at, lalu hatinya tidak membisikkan sesuatu dalam dua raka’at itu, maka Alloh SWT. mengampuni dosanya yang telah lalu. (HR Ahmad, Bukhari dan Muslim)

▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫

.

■ Hadits No. 234:

 

Dan dari Ali ra., bahwa ia meminta air wudlu’, kemudian ia berkumur dan mengisap air hidung, dan menyemburkan air hidung dengan tangan kirinya, maka ia berbuat ini tiga kali, kemudian berkata: “Inilah bersucinya Nabi SAW.” (HR Ahmad dan Nasa’i)

 ▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫

.

 ■ Hadits No. 235:

 

Dan dari Abu Hurairah, bahwa. Nabi SAW. bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu berwudlu’, maka isaplah air hidung lalu semburkanlah.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim.)

 ▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫

.

 ■ Hadits No. 236:

 

 Dan dari Hammad bin Salamah dari Ammar bin Abi Ammar, dari Abu Hurairah ra., ia berkata: “Rasulullah SAW. memerintahkan berkumur dan mengisap air hidung.” (HR Daraquthni).

 ▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫

.

Perkataan lalu ia menuangkannya diatas kedua tangannya dua kali itu, Syarih berkata: Ini menunjukkan, bahwa mencuci kedua tangan pada permulaan wudlu’ adalah sunnat. Imam Nawawi berkata: Dan begitulah menurut kesepakatan Ulama’.

Syarih berkata: Sungguh diperselisihkan tentang wajibnya berkumur, mengisap air hidung dan menyemburkannya, dan menurut pendapat yang benar, adalah wajib.

 Perkataan : “menyemburkan air hidung dengan tangan kirinya” itu, Mushannif Rahimahullah berkata: Hadits ini berikut hadits yang sebelumnya (233), menunjukkan sunatnya istinsyaq (mengisap air

hidung) dengan tangan kanan, dan istinsyar (menyemburkan air hidung) dengan tangan kiri.

 PerkataanRasulullah SAW. memerintahkan berkumur dan mengisap air hidung” itu, mushannif rahimahullah berkata: Hadits ini diriwayatkan Daraquthni, tetapi Daraquthni berkata: Tidak ada yang meriwayatkan-hadits ini dari Hammad selain Hadbah dan Dawud- bin Mihbar, sedang selain Hadbah dan Dawud meriwayatkan hadits ini dari Hammad dari Ammar dari Nabi SAW., tidak menyebut Abu Hurairah.

 Syarih berkata: Ini tidak mengapa, karena Hadbah adalah kepercayaan yang haditsnya. dikeluarkan di dalam Shahih Bukhari dan Muslim, maka diterimalah marfu‘nya dan ifradnya. █

.

BAB-BAB SIFAT WUDLU’ (FARDLU DAN SUNNATNYA)

POSTING | 62 | Samina, Waatona !.

.

About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: