3. Bab | Dianjurkan Mencuci Kedua Tangan Sebelum Berkumur Dan Lebih Ditekankan-nya Sesudah Tidur Malam Hari

.

.

■ Hadits No. 228:

Dari Aus bin Aus Ats Tsaqafi, ia berkata: Aku pernah melihat Rasulullah SAW. Wudlu’ kemudian mencuci kedua tangannya tiga kali. (HR. Ahmad dan Nasa’i).

۩۩۩

.

■ Hadits No. 229:

Dan darl Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW. bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu bangun dari tidurnya, maka janganlah memasukkan tangannya ke dalam air sebelum mencucinya tiga kali, karena ia tidak tahu dimana tangannya diletakkan.” (HR Jama’ah, tetapi Bukhari tidak menyebut bilangan).

۩۩۩

.

■ Hadits No. 230:

Dan di dalam lafadz Tirmidzi dan Ibnu Majah (dikatakan): “Apabila salah seorang di antara kamu bangun dari (tidur) malam”.

۩۩۩

.

■ Hadits No. 231:

Dan dari Ibnu Umar, bahwa Nabi SAW. bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu bangun dari tidurya, maka janganlah ia memasukkan tangannya di dalam bejana, sehingga ia mencucinya tiga kali, karena ia tidak tahu dimana tangannya diletakkan, atau dimana tangannya berkeliling.” (HR Dara Quthni, dan ia berkata: Sanadnya Hasan).

۩۩۩

.

.

———-Syarih, berkata: Perkataan “dari tidurya” itu, telah diambil keumumannya oleh As Syafi’i dan Jumhur Ulama, maka mereka menganjurkan rnencuci tangan itu pada setiap habis tidur, tetapi menurut Ahmad dan Abu Dawud, mengkhususkan untuk tidur malam hari.

———-Imam Nawawi berkata: Dan diceritakan dari, Imam Ahmad di dalam satu riwayat, bahwa kalau seseorang bangun dari tidur malam, maka dimakruhkan tidak mencuci tangannya dengan makruh tahrim (berupa yang dilarang dengan dasar dalil zanni atau dengan perintah larangan dengan dalil qat’i yang tidak mengharamkan secara tegas), dan kalau ia, bangun dari tidur siang, maka dimakruhkan dengan makruh tanzih (melakukan suatu perbuatan yang lebih baik ditinggalkan)

———-Syarih berkata: Hadits ini menunjukkan atas larangan memasukkan tangan di dalam bejana untuk wudlu’ ketika bangun tidur, tetapi persoalan itu masih diperselisihkan, maka perintah disini menurut Jumhur adalah menunjukkan sunat, dan Imam Ahmad berpendapat wajib ketika, bangun dari tidur malam. Dan dikecualikan dari bejana-bejana ini, bagi kamar-kamar mandi dan kolam-kolam yang tidak akan rusak airnya dengan memasukkan tangan ke dalamnya karena sekedar najisnya tangan, oleh karena itu tidaklah termasuk dalam larangan ini.

———-Dan hadits ini juga menunjukkan, bahwa mencuci tujuh kali itu bukanlah umum untuk semua najis, sebagaimana yang disangka oleh sebagian Ulama’, tetapi khusus najisnya jilatan anjing dengan memandang segi liurnya, dan Jumhurul Ulama`dari kalangan Mutaqaddimin dan Mutaakhirin berpendapat, bahwa air tidaklah najis apabila dimasuki tangan.

Dan mushannif berkata: Sebagian besar Ulama, membawakan hadits ini, untuk dalil sunatnya mencuci tangan ketika bangun tidur sebelum memasukkannya ke dalam bejana untuk wudlu’. █

۩۩۩

.

.

■ Hadits No. 232:

Seperti yang diriwayatkan Abu Hurairah, yaitu bahwa Nabi SAW. bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu bangun dari tidurnya, maka isaplah air hidung tiga kali, karena syetan bermalam di atas batang hidungnya.” (HR Ahmad, Bukhari dan Muslim).

۩۩۩

.

.

Syarih berkata: Dan sebenarnya mushannif menampilkan contoh dengan hadits ini di tempat perselisihan pendapat masalah ini, karena telah terjadi persepakatan tidak wajibnya mengisap air hidung ketika bangun dari tidur, dan tidak seorang pun yang berpendapat tentang wajibnya, dan sebenarnya diperintahkannya mengisap air hidung itu karena ia menghilangkan dan membersihkan kotoran yang melekat pada saluran pernapasan, yang bisa menjadi sebab ketangkasan membaca dan mengusir syetan. █

۩۩۩

.

.

 BAB-BAB SIFAT WUDLU’ (FARDLU DAN SUNNATNYA)

POSTING | 61 | Sami’na Waato’na !.

About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: