10. Bab | Tentang Makruhnya Kuncung Dan Diperkenankannya Mencukur Rambut

.

.

.

■ Hadits No. 212 :

Dari Nafi’ dari Ibnu Umar, ia berkata: Rasulullah SAW. melarang berkuncung, lalu Nafi’ ditanya: Apa kuncung itu? la menjawab: yaitu dicukurnya sebagian kepala dan dibiarkan sebagian. (HR Ahmad, Bukhari dan Muslim)
—————————.
.

■ Hadits No. 213 :

Dan dari Ibnu Umar, bahwa Nabi SAW. melihat seorang anak telah dicukur sebagian kepalanya dan ditinggalkan sebagiannya, lalu ia melarang mereka berbuat yang demikian itu dan ia bersabda: “Cukurlah seluruhnya atau biarkanlah seluruhnya.” (HR Ahmad, Abu Dawud dan Nasa’i dengan sanad yang shahih)
—————————
.

■ Hadits No. 214 :

Dari Abdillah bin Jafar, bahwa Rasulullah SAW. menangguhkan kedatangannya kepada keluarga Ja’far tiga hari, kemudian setelah Ia datang kepada mereka, lalu ia bersabda:  “Janganlah kamu menangisi saudaramu sesudah hari ini, panggillah anak-anak saudara-Ku itu untuk datang kepadaKu“. Abdullah berkata: Lalu kami datang dibawa (menghadap Rasulullah SAW.) seolah-olah seperti anak ayam, lalu Nabi SAW. bersabda: “Panggillah tukang cukur untuk datang kepadaku“. Abdullah berkata: Kemudian dibawalah tukang cukur itu, lalu ia mencukur kepala-kepala kami. (HR Ahmad, Abu Dawud dan Nasa’i)
—————————
.

 ——————–Ulama-ulama berkata: Hikmah dimakruhkannya kuncung adalah karena memburukkan rupa dan ada yang berpendapat, bahwa kuncung itu adalah mode orang musyrik, dan ada yang berpendapat, bahwa kuncung itu adalah mode orang Yahudi, dan di dalam Sunan Abu Dawud, bahwa Hajjaj bin Hassan berkata: Ali masuk ke rumah Anas bin Malik, lalu saudaraku yaitu Al Mughirah menceritakan kepadaku, ia berkata: Waktu itu engkau masih anak-anak dan kepalamu ada dua jambul atau dua guntingan, lalu Ali mengusap kepalamu dan mendo’akan dan ia berkata: Cukurlah dua jambul ini atau guntinglah karena ini adalah mode Yahudi. █

.

POSTING | 56 | Sami’na Waato’na !.

About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: