12. Bab | Menyamakan Benda Yang Dapat Digolongkan Kepada Batu

.
Hadits No. 154 :
.

Dari Khuzaimah bin Tsabit, bahwa, Nabi SAW. pernah ditanya tentang bersuci, maka ia menjawab: “Dengan tiga batu yang tidak mengandung kotoran“. (HR Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah)

.

. Hadits No. 155 :
.

Dan dari Salman, ia berkata: Ia (Nabi SAW. ) telah memerintahkan kepada kami agar kami tidak menganggap cukup dengan kurang dari tiga batu yang tidak mengandung kotoran dan bukan tulang. (HR Ahmad dan Ibnu Majah)

.

Hadits No. 156 :
.

Padahal sah dari Nabi SAW. alasan tidak boleh menggunakan tulang dan kotoran itu. (yaitu dua benda tersebut adalah makanan jin).

.

.

.

———-Mushannif berkata: Dan kalau ia (Nabi SAW. ) tidak memaksudkan batu dan sebangsanya sebagai alat pencuci, maka ia tidak perlu mengecualikan tulang dan kotoran, dan tidak perlu pula memberikan alasan larangan keduanya, karena menjadi makanan jin. ▀).
.
———-Syarih rahimahullah berkata: Perkataan inilah yang dituju dalam bab ini, dan itu adalah baik sekali. Perkataan “Tiap-tiap kotoran adalah makanan untuk temak-ternak kamu, maka janganlah kamu (para sahabat) istinja’ dengan keduanya” itu, Mushannif berkata: Hadits ini adalah merupakan peringatan tentang dilarangnya memberi makanan-makanan binatang-binatang ternak dengan benda-benda najis.
.
———-Syarih berkata: Karena alasan dilarangnya Istinja’ dengan kotoran itu adalah karena benda tersebut makanan ternaknya jin, maka hal itu memberi pengertian seperti apa yang dikatakan mushannif tersebut.
.

▀) Alat pencuci sekarang antara lain kertas tisue dan sebangsanya.

.
POSTING | 42 | Sami’na Waato’na !.
.

About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: