11. Bab | Larangan Istinja’ Dengan Kurang Dari Tiga Batu

.

.

Hadits No. 151 :

.

Dari Abdurrahman bin Yazid, ia berkata : Salman pernah ditanya: Pernahkah Nabi SAW. mengajarkan segala sesuatu sampai soal buang air besar? Maka Salman menjawab: Ya, ia melarang kita menghadap Kiblat ketika buang air besar dan kecil, atau istinja’ dengan tangan kanan, atau salah seorang di antara kami istinja’ dengan kurang dari tiga batu, dengan kotoran atau tulang. (HR Muslim, AN Dawud dan Tirmidzi)

.

.
Hadits No. 152 :

.

Dan dari Jabir, bahwa Nabi SAW. bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu istinja’ dengan batu, maka lakukanlah tiga kali. “(HR Ahmad)

.

.

Hadits No. 153 :

..

Dan dari Abi Hurairah, dari Nabi SAW., Ia bersabda: “ Barangsiapa Istinja’, maka lakukanlah dengan ganjil, karena barang siapa telah berbuat, maka ia telah berbuat kebaikan, dan barangsiapa tidak berbuat, maka tidak dosa”. (HR Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah)

.

.


Jumhur berpendapat, bahwa batu bukanlah suatu ketentuan, bahkan kain dan kayu dsb., bisa sebagai gantinya, karena larangan Nabi SAW. itu ditentukan tulang dan kotoran. Dan di dalam hadits ini diajurkan Istinja’ dengan batu dan hitungannya ganjil. Mushannif berkata: Ini dapat diartikan, bahwa menentukan harus ganjil itu adalah sunat, dengan mengkopromikan antara nash-nash tersebut.

.
.
POSTING | 41 | Sami’na Waato’na !.

About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: