4. Bab | Dianjurkan Menutupi Bejana-Bejana

.
Hadits No. 107 :

Dari Jabir bin Abdillah – dalam satu hadist – bahwa Nabi SAW. bersabda: “Ikatlah tempat airmu, dan sebutlah asma Alloh, dan tutuplah bejanamu dan sebutlah asma Alloh, walaupun kamu hanya melintangkan sepotong kayu di atasnya“. (HR Ahmad, Bukhari dan Muslim)

.

Hadits No. 108

Dan bagi Imam Muslim, sesungguhnya Nabi SAW. bersabda: “Tutuplah bejanamu, dan ikatlah tempat minummu, karena sesungguhnya menurut kebiasaan, wabah turun pada waktu malam, yang tidak meliwati bejana yang tidak tertutup, atau tempat minum yang tidak diikat, melainkan mesti wabah itu masuk di dalamnya.

.

Syarih rahimahullahberkata: Hadist ini menunjukkan atas diperintahkan tabarruk (memohon berkah) dengan menyebut nama Alloh ketika mengikat tempat minum dan menutup bejana, dan demikian juga ketika menutup pintu dan memadamkan lampu, seperti dalam riwayat Abi Dawud (Nabi SAW. bersabda) :”Dan tutuplah pintumu dan sebutlah nama Alloh karena sesungguhnya syetan tidak dapat membuka pintu yang tertutup, dan padamkanlah lampumu dan sebutlah nama Alloh, karena sesungguhnya syetan tidak dapat membuka tutup dan tidak dapat melepaskan ikatan dan tidak dapat membuka bejana, dan sesungguhnya tikus itu (merusak) manusia dengan membakar rumah-rumah mereka“.Alasan “karena sesungguhnya syetan dst. ” itu, menunjukkan, bahwa menyebut nama Alloh bisa menjaga dari gangguan syetan, dan menghalang-halangi antara syetan dan kehendaknya.

.

POSTING-29/Sami’na Waato’na !.
.

About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: