9. Bab | Tentang Mani

Hadits No. 62:

Dari Aisyah, ia berkata: “Aku pernah menggosok mani dan pakaian Rasulullah SAW. dengan akar rumput idzkhir.“ (yaitu sebangsa rumput yang berbau wangi/pen), lalu ia pergi, kemudian ia sembahyang dengan pakaian itu.

Hadits No. 63:

Dan bagi Ahmad (dikatakan): Rasulullah SAW. pernah menghilangkan mani dari pakaiannya dengan akar idzkhir, kemudian ia sembahyang dengan pakaian itu, dan mengerik mani dari pakaiannya dalam keadaan kering, lalu ia sembahyang dengan pakaian itu.

Hadits No. 64:

Dan dalam lafadz hadis yang diriwayatkan Bukhari, Muslim dan Ahmad (dikatakan): “Aku pernah mencuci mani dari pakaian Rasul SAW., lalu ia keluar untuk sembahyang, sedang bekas cucian itu masih nampak pada bajunya”, yaitu basah-basahnya air itu.

Hadits No. 65:

Dan bagi Daraquthni, dari Aisyah: “Aku biasa mengerik mani di baju Rasul SAW. kalau kering, dan mencucinya kalau basah “.

Mushannif berkata: Sungguh telah jelas, dari sejumlah nash-nash tersebut, tentang bolehnya dua perkara: (mengerik dan mencuci pakaian yang terkena mani).

Hadits No. 66:

Dari Ishaq bin Yusuf, ia berkata: Telah memberi tahu kepadaku, Syarik, dari Muhammad bin Abdurrahman, dari Atha’ dari Ibnu Abbas ra. ia berkata: Nabi SAW. pernah ditanya tentang mani yang mengenai pakaian, lalu ia menjawab: Sebenarnya mani itu tak ubahnya hanya seperti ingus dan ludah, karena itu cukup bagimu kamu mengusapnya dengan kain atau dengan rumput idzkhir. HR DaraQuthni dan ia berkata: Tidak ada yang memarfu’kan hadis ini selain Ishaq Al Azraq dari Syarik. Aku (mushannif) berkata: Ini tidak mengapa, karena Ishaq seorang Imam yang (hadisnya) diriwayatkan didalarn Shahih Bukhari dan Muslim, maka diterima permarfu’an-nya dan penambahannya.

Syarih rahimahullah berkata: Hadis dalam bab ini dipakai sebagai dalil, bahwa cukup untuk menghilangkan mani dari pakaian dengan mencuci, mengerik, atau mengorek.

POSTING-18/Sami’na Waato’na !.

About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: