7. Bab | Keringanan Tentang Kencing Binatang Yang Halal Dimakan

Hadits No. 54 :

Dari Anas bin Malik, bahwa satu kaum dari suku Uklin, atau Anas mengatakan suku Urainah, mereka datang di Madinah lalu sakit, kemudian Nabi SAW. memerintahkan mereka membawa unta-unta perahan dan memerintahkan mereka agar keluar (dari Madinah), kemudian minum air kencing dan air susunya. (HR Ahmad, Bukhari dan Muslim).

Hadits No. 55 :

Dan ada riwayat dari Nabi SAW. , bahwa ia bersabda: “Sembahyanglah di kandang-kandang kambing. “.

_____Syarih rahimahullah berkata: Hadits ini dijadikan dalil oleh orang yang berpendapat atas sucinya air kencing binatang yang halal dimakan dagingnya. Adapun air kencing unta, maka sudah ditegaskan dengan dasar nash, sedang kencing binatang yang lain, maka dengan dasar qias Ibnul Mundzir rahimahullah berkata: “Barangsiapa mengira bahwa hadits ini khusus untuk kaum tersebut, adalah tidak benar ! “, karena adanya kekhususan-kekhususan itu tidak ditetapkan kecuali dengan dalil.

_____Mushannif rahimahullah berkata: Apabila izin dalam persoalan itu dimutlakkan dan tidak diberi syarat, yang menghalangi dan melindungi dari kencing-kencing, dan izin minum itu dimutlakkan bagi kaum yang baru masuk Islam yang masih awam dalam hukum-hukumnya, dan Nabi SAW. tidak memerintahkan mereka untuk mencuci mulut-mulut mereka, dan apa yang mengenai mereka, untuk sembahyang dan tidak untuk lainnya, padahal kebiasaan mereka meminumnya, itu semuanya menunjukkan (kebenaran) pendapat orang yang mengatakan sucinya kencing binatang tersebut.

POSTING-16/Sami’na Waato’na !.

About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: