5. Bab | Tentang Bawah Alas Kaki Yang Terkena Najis

Hadits No. 42 :

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasul SAW. bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu menginjak kotoran dengan kasutnya (Alas kaki; sepatu; selop;), maka sesungguhnya debu itu baginya adalah mensucikan(nya) “‘. HR Abu Dawud.

Hadits No. 43 :

Dan dalam satu lafadz (dikatakan): “Apabila (salah scorang di antara kamu) menginjak kotoran dengan kedua kasutnya, maka sucinya kedua kasut  (Alas kaki; sepatu; selop;) itu adalah dengan debu. HR Abu Dawud.

Hadits No. 44 :

Dari Abi Sa’id, bahwa Rasul SAW., bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu datang ke masjid, maka baliklah kedua terumpahnya  (Alas kaki; sepatu; selop;) dan lihatlah pada keduanya, kalau ia melihat kotoran, maka gosoklah dengan tanah kemudian sembahyanglah dengan memakai kedua terumpahnya itu. HR Ahmad dan Abu Dawud.

Syarih rahimahullah berkata: Dan ada beberapa hadis yang semakna dengan hadis Abi Sa’id di atas, yang satu sama lain saling menguatkan sehingga kuat untuk dijadikan alasan/hujjah, bahwa terumpah itu sucinya adalah dengan menggosokkannya ke tanah, baik basah atau kering, dan melihat dhahirnya, tidak ada bedanya antara najis yang bermacam-macam, bahkan semua kotoran yang mengenai terumpah, sucinya adalah dengan digosok dengan debu. Dan disamakan dengan sandal dan terumpah, semua yang berkedudukan sama dengan keduanya, karena tidak ada perbedaan. Selesai dengan diringkas.

POSTING-14/Sami’na Waato’na !.

About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: