3. Bab | Ketentuan Air Untuk Menghilangkan Najis

Hadits No. 38 :

Dari Abdillah bin Umar, bahwa Abi Tsa’labah pernah bertanya: Ya Rasulullah, berilah kami fatwa tentang bejana orang–orang Majusi, kalau kami terpaksa (menggunakannya) . Nabi SAW. menjawab: “Apabila kamu terpaksa (menggunakannya), maka cucilah dengan air dan masaklah dengannya. HR. Ahmad.

.Hadits No. 39 :

Dari Abi Tsa’labah al Khusyni, sesungguhnya ia berkata: Ya Rasulullah, kami berada di daerah kaum ahli Kitab, maka kami mamasak dengan periuk-periuk mereka, dan minum dengan bejana-bejana mereka, apa yang harus kami perbuat? Lalu Rasul saw. menjawab: “Kalau kamu tidak menemukan lainnya, maka cucilah dengan air. HR Tirmidzi dan ia berkata: Hadis ini Hasan-Shahih.

.

.


Syarih rahimahullah berkata: Dan mushannif rahimahullah mengambil dalil dengan apa yang disebutkan di dalam bab ini, bahwa air itu dapat ditentukan sebagai alat untuk menghilangkan najis, dan juga untuk yang lain, dan jelas bagimu, bahwa dengan semata-mata perintah menghilangkan khusus untuk najis ini dengan air itu, tidak berarti tidak menentukan bahwa hilangnya setiap najis itu mesti dengan air, dan berkatalah mushannif di bab sebelumnya. Dan yang benar, bahwa air adalah pokok alat untuk mensucikan, karena telah disifati di dalam Qur’an dan Sunnah secara mutlak dengan tanpa dibatasi.

Tetapi pendapat yang menentukan bahwa hanya air saja sebagai alat untuk mensucikan, sedang yang lain tidak, adalah ditentang oleh hadis tentang “mengusap kasut“, “mengerik mani“, “mengerik mani dan menghilangkannya dengan rumput idzkhir” dan seperti itu adalah banyak.۝

POSTING-12/Sami’na Waato’na !.

About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: