1. Bab | Menetapkan Jumlah (Kali) Mencuci Jilatan Anjing


Hadits No. 31 :

Dari Abu Hurairah, bahwa Nabi SAW. bersabda: “Apabila anjing minum di bejana salah seorang di antara kamu, maka cucilah ia tujuh kali. “. HR Ahmad, Bukharl dan Muslim.

Hadits No. 32 :

Dan bagi Ahmad dan Muslim (dikatakan): “Sucinya wadah salah seorang di antara kamu, apabila dijilat anjing, hendaklah dicuci tujuh kali, pertama kalinya (dicampur) dengan tanah.

Hadits No. 33 :

Dan dari Abdullah bin Mughaffal ia berkata: Rasul SAW. pernah memerintahkan membunuh anjing-anjing, lalu pada suatu saat ia bersabda: Mengapa mereka berbuat begitu dan mengapa anjing-anjing itu? Kemudian ia memberi rukhshah (keringanan) pada anjing buruan dan anjing (penjaga) ternak, dan ia bersabda: “Apabila anjing menjilat pada bejana salah seorang di antara kamu, maka cucilah tujuh kali dan campurlah yang kedelapannya dengan tanah. “. HR Jama’ah kecuali Tirmidzi dah Bukhari.

Hadits No. 34 :

Dan di dalam satu riwayat bagi Muslim (dikatakan) : “ Dan ia, (Nabi SAW.) memberi keringanan pada anjing (penjaga) kambing dan anjing buruan, dan penjaga tanaman

.


Syarih rahimahullah (Ibnu Syaukani) berkata: Dua hadist (di atas) menunjukkan, bahwa bejana yang dijilat anjing, dicuci tujuh kali. Selanjutnya ia berkata: Dan telah terjadi khilaf, apakah dicampurnya dengan tanah itu di dalam (jumlah) tujuh kali, atau di luarnya. Dan menurut dlahirnya Abdullah bin Mughaffal, bahwa debu itu di luar tujuh kali, dan itulah yang lebih kuat dari lainnya. Selesai.

Ibnu Hajar berkata di dalam Kitab Fat-hul Bari: Riwayat yang menggunakan kata uulaahunna (pertama kalinya dicampur dengan tanah), adalah lebih kuat sebab lebih banyak dan lebih mahfudz, dan juga dari segi maknanya. Karena pencampuran dengan tanah, pada kali yang terakhir menyebabkan perlunya mencucinya lagi untuk membersihkannya, dan Syafi’i telah menentukan, bahwa mencuci yang pertama dengan dicampur tanah itu adalah lebih utama.

POSTING-10/Sami’na Waato’na !.

About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: