5b. Bab | Hadits yang Menerangkan Tentang Sisa Kelebihan Air Bersuci Perempuan (Lanjutan)

Hadist No. 17 :

Ummu Salamah berkata :” Aku pernah mandi janabat bersama Rasul SAW , dari satu bejana .”. (HR Ahmad, Bukhari dan Muslim.)

Hadist No. 18 :

Dan dari Aisyah, ia berkata : “Aku pernah mandi janabat bersama Rasul SAW, dari satu bejana, yang bergantian tangan-tangan kami.. (HR Ahmad, Bukhari dan Muslim.)

Hadist No. 19 :

Dan dalam satu lafadz bagi Bukhari (dikatakan): “Dari satu bejana yang kami menciduk daripadanya bersama-sama.”

Hadist No. 20 :

Dan bagi Muslim (dikatakan) : “Dari satu bejana antara aku dan dia, lalu Nabi SAW, mendahului aku.., “sampai aku berkata : “Tinggalkanlah aku!..”

Hadist No. 21 :

Dan di dalam lafadz Nasa’i (dikatakan) : “ Dari satu bejana yang Nabi SAW, berkata: mendahului aku dan aku mendahului dia, sehingga Nabi SAW, berkata: “Tinggalkanlah aku.. ”, dan aku berkata : “..Tinggalkanlah aku ..

Syarih rahimahulloh berkata : Dan dikompromikanlah antara hadist-hadist tersebut, yaitu : “membawa hadist-hadist yang melarang, dimaksudkan untuk air yang berjatuhan dari anggota badan, karena air yang demikian itu musta’mal,(yang tidak patut untuk bersuci) sedang hadist yang membolehkan, dimaksudkan adalah sisa air bukan yang jatuh dari anggota ”. Begitulah bentuk kompromi yang dilakukan oleh Al Khatabi .

Dan yang lebih baik dari itu adalah bentuk kompromi oleh Ibnu Hajar Al Asqalani di dalam Al Fat-h, yaitu membawa hadist yang melarang untuk tanzih (Makruh yang lebih dekat kepada Halal), dengan qarimah (ucapan, pikiran dan perbuatan) hadist-hadist yang membolehkan.

POSTING-6/Sami’na Waato’na !.

About Imam Asy Syaukani

Himpunan Hadits-Hadits Hukum Lihat semua pos milik Imam Asy Syaukani

Tinggalkan Balasan

