4. Bab | Wudlu’ Sebab Menyentuh Perempuan

.

.

Firman Alloh SWT.:

Artinya: “Atau kamu menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak menemukan air, maka hendaklah kamu tayammum.”
Kata laamastum dapat dibaca lamastum.

₪₪₪₪₪

..

■ Hadits No. 323 :

Dari Mu’adz bin Jabal, ia berkata: Ada seorang laki-laki datang kepada Nabi SAW., lalu ia berkata: Ya Rasululloh, apa pendapatmu tentang seorang laki-laki yang bertemu seorang perempuan yang ia kenalnya, kemudian si laki-laki tersebut tidak hanya mendatanginya saja  melainkan ia juga mendatangi perempuan itu hanya saja ia tidak menyetubuhinya? Mu’adz berkata: Maka Alloh menurunkan ayat ini (wa aqimis shalaata tharafayin mahaari wa zulafam minallailiHud, 115). Artinya: “Dan dirikanlah sholat pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam.” Lalu Nabi SAW. bersabda: Berwudlulah dan sholatlah.” (HR Ahmad dan Dara Quthni)

₪₪₪₪₪

.

■ Hadits No. 324 :

Dan. dari Ibrahim At Taimi, dari Aisyah, bahwa Nabi SAW. pemah mencium salah seorang isterinya, kemudian ia terus mengerjakan sholatdan tidak berwudlu’ (lagi). (HR Abu dawud dan Nasa’i. Abu Dawud berkata: Hadits ini Mursal, sebab Ibrahim At Taimi tidak mendengar sendiri dan Aisyah ra. Dan Nasa’i berkata: Di dalam bab ini tidak ada yang sebaik hadits ini, meskipun Mursal).

₪₪₪₪₪

.

■ Hadits No. 325 :

Dan dari Aisyah, ia berkata: Kalau Rasululloh SAW. sedang sholat, sedangkan aku tidur melintang di hadapannya sebagaimana melintangnya janazah, sehingga apabila Ia bermaksud sholat witir, maka ia menyentuhku dengan kakinya. (HR Nasa’i).

₪₪₪₪₪

.

■ Hadits No. 326 :

Dan dari Aisyah, ia berkata: Pada suatu malam aku kehilangan Rasululloh SAW. dari tempat tidumya, kemudian aku mencarinya, lalu kuletakkan tanganku pada dalam telapàk kakinya, sedang Ia berada di masjid, sedang kedua telapak kakinya berdiri tegak, sambil berdo’a: “Allohumma innie a-’uudzu biradlaaka min sakhatika wa bi mu’aafaatika min ‘uquubatika, wa a’uudzu bika minka, laa uhshie tsanaa-an ‘alaika, anta kamaa atsnaika ‘alaa nafsika”. Artinya: Ya Alloh, aku berlindung dengan ridlo-Mu, dari kemunkaran-Mu, dan dengan kema’afan-Mu dan siksa-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dan adzab-Mu, aku tidak dapat menjumlah pujian atas-Mu, sebagaimana Engkau pujikan pada diri-Mu. (HR Muslim dan Tirmidzi, dan Tirmidzi mengesahkannya).

₪₪₪₪₪

.

.

—————Syarih berkata: Ayat tersebut dijadikan dalil oleh orang yang berpendapat, bahwa menyentuh perempuan adalah membatalkan wudlu’.
Syarih berkata: Sedang hadits Aisyah menunjukkan, bahwa menyentuh perempuan tidak membatalkan wudlu’. Mushannif berkata: Dan pendapat yang paling moderat yang mengkompromikan di antara hadits-hadits tersebut, adalah pendapat yang menyatakan, bahwa menyentuh perempuan tidak membatalkan wudlu’, kecuali kalau dengan bersyahwat.
Dan dari Ibnu Abbas tentang firman Alloh SWT.aw laamastumun nisaa-a’, Ibnu Abbas berkata: yang dimaksud adalah jima’(Bersetubuh), tetapi Alloh adalah Dzat yang Maha Mulia, sehingga Ia menggunakan kata sindiran (Kinayah).

—————Dan Ibrahim berkata: Menyentuh perempuan dengan syahwat membatalkan wudlu’. Al Muwaffaq berkata: Dan menyentuh yang membatalkan itu, tidak dikhususkan dengan tangan, bahkan dengan apa saja yang menyentuh kulit perempuan, dengan syahwat, maka membatalkan wudlu’ karena sentuhan itu.

(Berdasar hadits Aisyah, karena menyentuh dengan syahwat dipandang membatalkan wudlu’ itu semata-mata pendapat, maka kami berpendirian, bahwa menyentuh perempuan itu tidak membatalkan wudlu’, baik dengan syahwat maupun tidak). ۞

.

POSTING |93| Samina, Waatona !.

.

.

About these ads

About Yoyo Suryo Sugiharto K


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: